Nusa Kambangan, Mengenal Lebih Dekat Pulau Nusa Kambangan yang “Mengerikan”

Bingung Belajar Bisnis Online?  Bagaimana Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online  ?? Akses GRATISS!!

safei sb1m jakarta

Nusa Kambangan, Mengenal Lebih Dekat Pulau Nusa Kambangan yang “Mengerikan”. Beberapa hari belakangan ini media-media berita di televisi dan surat kabar gencar menyiarkan kabar tentang eksekusi terpidana mati kasus narkoba. Mereka dipindahkan ke pulau Nusa Kambangan dan akan dieksekusi mati disana. Info terbaru mengabarkan bahwa ke 9 terpidana mati tersebut sudah dieksekusi di pulau nusa kambangan, tetapi satu orang tidak jadi atau ditangguhkan hukuman matinya. Terpidana mati tersebut adalah seorang warga negara Filipina bernama Marry Jane. Marry Jane yang ini bukan pacarnya Spiderman loh ya.. hehe

Nusa Kambangan, Mengenal Lebih Dekat Pulau Nusa Kambangan

Pulau Nusa Kambangan merupakan sebuah pulau didaerah cilacap yang telah lama dijadikan penjara atau rumah tahanan untuk para terpidana kelas kakap. Begitu banyak orang yang menganggap bahwa pulau nusa kambangan ini adalah tempat yang menyeramkan karena dijadikan sebagai tempat lembaga pemasyarakatan dan tempat eksekusi terpidana vonis hukuman mati. Nama Nusa kambangan bukanlah nama dari LP tersebut, Nusa Kambangan adalah nama pulaunya. Di pulau nusa kambangan ternyata terdapat beberapa Lembaga Permasyarakatan jadi bukan hanya satu penjara.

Baca Juga :   Kursus online internet marketing di Sukabumi - Bandar Lampung untuk Pemula

Nusa Kambangan, Mengenal Lebih Dekat Pulau Nusa Kambangan

Pulau Nusa Kambangan ini berada di wilayah kabupaten cilacap, meskipun demikian Nusa Kambangan berada secara administratif dibawah wewenang Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham dan tidak sembarangan orang boleh masuk ke pulau nusa kambangan ini.

Nusa Kambangan, Mengenal Lebih Dekat Pulau Nusa Kambangan

 

Dalam catatan sejarah terdapat sembilan penjara atau lembaga pemasyarakatan yang pernah ada di pulau nusa kambangan, Tetapi saat ini hanya tinggal 7 buah lembaga pemasyarakatan yang masih beroperasi.

Lembaga pemasyarakatan yang paling tertua adalah Lapas Permisan. Lapas ini dibangun sejak tahun 1908 sebelum Indonesia merdeka. Dahulu kala di Lapas permisan inilah para tahanan politik mendekam.

Kemudian ada juga Lembaga pemasyarakan Batu. Lapas ini mulai dibangun pada tahun 1925, dan sejarah mencatat tersangka trio bom bali Imam samudra cs pernah ditahan dan mendekam di lapas batu ini sebelum akhirnya mereka bertiga dihukum mati. Ada juga Lembaga pemasyarakatan Pasir putih, lapas pasir putih ini usianya masih relatif muda, dibangun pada tahun 2007 dan dijadikan lapas yang segi pengawasannya paling ketat dibandingkan dengan lapas-lapas lain yang ada di pulau nusa kambangan. Didalam lapas pasir putih ini mendekam tahanan-tahanan kelas kakap yang menerima vonis penjara seumur hidup atau tahanan yang di vonis mati.

Baca Juga :   Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pasir

Nusa Kambangan, Mengenal Lebih Dekat Pulau Nusa Kambangan

Lembaga pemasyarakatan yang penjagaan dan pengawasan nya paling minim adalah Lapas Terbuka. Di lapas terbuka ini didalamnya mendekam tahanan-tahanan yang mendapatkan vonis hukuman yang relatif ringan atau bisa juga untuk tahanan yang sedang menjalani masa asimilasi menjelang kebebasan.

Selain dari Lapas – lapas tadi ada juga lemaga pemasyarakatan Besi, lapas kembang kuning dan juga lapas Narkotika.

Banyak yang belum tahu jika sebenarnya pulau nusa kambangan ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik, akakn tetapi semua tertutupi dengan kengerian image nusa kambangan sebagai pulau yang mengerikan jadi banyak orang yang enggan untuk datang ke sana.

Demikian sekilas info mengenai Nusa Kambangan, Mengenal Lebih Dekat Pulau Nusa Kambangan yang “Mengerikan”. Semoga Bemanfaat 🙂

BANNER FREE MEMBER

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *